Flowchart Pengendalian Internal Penjualan







Prosedur flowchart pengendalian internal penjualan

1.      Pelanggan melakukan pemesanan barang dengan membuat daftar pesanan rangkap 2. Rangkap pertama diberikan ke bagian penjualan. Rangkap kedua disimpan untuk melakukan pembayaran DP.
2.      Pelanggan melakukan pembayaran DP, kemudian bukti pembayaran DP diserahkan kepada bagian keuangan.
3.      Bagian penjualan membuat surat jalan rangkap dua. Rangkap pertama diserahkan kepada bagian keuangan. Rangkap kedua disimpan untuk diserahkan kepada bagian pengiriman.
4.      Bagian penjualan menyerahkan daftar barang yang dipesan dan surat jalan ke bagian pengiriman.
5.      Pelanggan melakukan pelunasan pembayaran atas barang yang telah dipesan dan menyerahkan ke bagian keuangan.
6.      Bagian pengiriman melakukan pengiriman barang dan membuat daftar barang yang dikirim serta dokumen resi masing-masing rangkap 2. Rangkap pertama dokumen resi disimpan sebagai bukti pengiriman. Rangkap kedua dokumen resi dan rangkap pertama daftar barang yang telah dikirim diserahkan kepada pelanggan. Rangkap kedua daftar barang yang telah dikirim diserahkan kepada bagian penjualan.
7.      Bagian penjualan menerima daftar barang yang telah dikirim, kemudian membuat laporan penjualan dan menyerahkan kepada pimpinan.
8.      Bagian keuangan melakukan pengecekan surat jalan dan seluruh bukti pembayaran, kemudian membuat laporan keuangan dan diserahkan kepada pimpinan.
Pimpinan menerima laporan keuangan dan laporan penjualan. Setelah itu pimpinan melakukan pengecekan atau memvalidasi laporan penjualan dan laporan keuangan sehingga menghasilkan laporan penjualan tervalidasi dan laporan keuangan tervalidasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart Pengendalian Internal Pembelian

Aging Schedule